Kamis, 16 Agustus 2012

Makalah B.Inggris Flascard, puppet, and picture

BAB I
PENDAHULUAN

1.1          LATAR BELAKANG
Kita semua maklum bahwa kemampuan berbahasa Inggris merupakan suatu keharusan untuk bertahan dalam kompetisi global. kenyataannya, kemampuan berbahasa inggris di tingkat sekolah dasar (sd), sekolah menengah pertama (smp), sekolah menengah umum (smu), bahkan di tingkat perguruan tinggi pen belum optimal dan cenderung terjadi penurunan kualitas yang dimiliki siswa dari tahun ke tahun. dalam pembelajarn bahasa inggris tidak hanya lafal membacanya, tau artinya, setelah itu di ulang lagi esoknya mereka akan lupa.
faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajarannya cara pengaplikasiannya terhadap materi yang akan di sampaikan oleh seorang guru kepada muridnya. kadang kala guru harus memutar otaknya agar pembelajarannya itu menarik, menyenangkan bahkan dapat di ingat sampai nanti dewasa. misalkan dalam penggunaan media Flashcard, Puppet, dan Picture. disini pasti banyak menggunakan media gambar yang menarik bagi siswa, tidak hanya menarik saja akan tetapi edukasinyapun dapat dikatakan cepat dipahami oleh anak sd. flashcard suatu media yang banyak digemari siswa sd pada kelas rendah karena anak pada saat itu anak tertarik dengan hal hal yang real atau benda nyata, di tambah dengan ada pengucapanya juga. puppet berbentuk boneka tangan yang dibuat supaya dalam pembelajaran story telling siswa akan tertarik karna ada sebuah media penghantarnya yang unik.
penggunaan media ini diharapkan memudahkan siswa siswa dalam belajar bahasa inggris, dengan adanya sebuah gambar yang unik bagi anak anak dan menyenangkan.

1.2    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang akan di kemukakan adalah sebagai berikut:
1.    Apa itu media flashcard, puppet, dan picture?
2.    Bagaimana cara menerapkan media flashcard, puppet, dan picture?

1.3         TUJUAN
berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.    Siswa dapat memahami pengertian flashcard, puppet, dan picture.
2.    mengetahui cara menerapkan media flashcard, puppet, dan picture.















BAB II
PEMBAHASAN

2.1          MEDIA FLASHCARD
Education Flashcards, sebuah terobosan dalam bidang pendidikan anak yang menggunakan sejumlah kartu sebagai alat bantu belajar. Satu menulis pertanyaan pada kartu dan halaman sebaliknya jawaban. Flashcards tahan kosakata, tanggal sejarah, formula atau topik yang dapat dipelajari melalui pertanyaan dan format jawaban. Flashcards banyak digunakan sebagai latihan pembelajaran untuk membantu menghafal dengan cara pengulangan berkala.
Flashcard merupakan sekumpulan kartu-kartu bergambar yang dilengkapi dengan kata-kata , gambar-gambar pada flashcard biasanya dikelompokkan antaralain seri binatang, pakaian, buah-buahan, warna dsb. Cocok untuk pelajaran kosa kata dan membaca.
 Metode kids Flashcards memungkinkan balita mampu untuk belajar membaca dengan cara mengingat gambar dan bentuk.  Dalam hal ini perkembangan otak kanan anak, melalui baby education yang terstimulasi sejak dini.
Baby Flashcards adalah kartu permainan yang dilakukan dengan cara menunjukkan gambar dari baby card secara cepat untuk memicu otak bayi anda agar dapat merima informasi yang ada di hadapan mereka, dan sangat efektif untuk membantu bayi anda belajar membaca, mengenal angka, mengenal huruf di usia sedini mungkin.



Manfaat dari metode Education Flashcards antara lain adalah :
* Bayi anda akan dapat membaca pada usia sedini mungkin lewat Education Card,
* Mengembangkan daya ingat otak kanan melalui Kartu Belajar,
* Melatih kemampuan konsentrasi dari bayi melalui Kartu Anak,
* Memperbanyak perbendaharaan kata dari bayi melalui Baby Flashcards.

Cara Belajar Membaca Menggunakan Flash Card
Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan flash card:
1.    Flash card sebaiknya disusun dan dikelompokkan berdasarkan subyek  yang sama
2.    Untuk flash card yang bergambar, gambarnya harus berukuran cukup besar dan jelas
3.    Flash card gambar hanya berisi 1 gambar untuk setiap kartu, tanpa latar belakang apapun
4.    Ketika Anda menunjukkan kartu tersebut kepada anak Anda, usahakan tidak terlalu lama. Cukup sekitar 1 detik
5.    Ketika anak Anda terlihat bosan, segera hentikan aktifitas belajar. Ingat, proses belajar jangan sampai dipaksakan dan jangan terlalu ingin cepat melihat hasil
6.    Adakan kegiatan ini hanya ketika anak Anda sedang baik perasaannya. Jangan sekali-kali mengadakannya ketika ia sedang lelah, sakit, atau rewel
7.    Pastikan juga Anda sedang dalam keadaan senang ketika mengajarkan si anak membaca. Dengan begini, suasana belajar-mengajar menjadi menyenangkan
8.    Ketika anak Anda selesai mempelajari 1 set flash card, Anda bisa beralih ke set berikutnya sehingga ia selalu mempelajari sesuatu yang bar
2.2         PUPPET
Boneka tangan ( Hand Puppet ) adalah boneka yang biasanya terbuat dari kain/sarung dan di bagian bawahnya ada lubang untuk memasukkan tangan kita. Opera boneka tangan dimainkan oleh pemain boneka tangan dengan cara memasukkan tangannya kedalam boneka tersebut. Pemain boneka tangan bisa menggerakkan kepalanya ataupun tangan boneka sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh pemain boneka tangan atau jalan cerita sang boneka. Misalnya, jika sang boneka mengatakan iya atau setuju, pemain boneka tangan bisa menggerakkan kepala boneka kebawah ( mengangguk ). Atau jika sang boneka tidak setuju atau  ingin mengatakan tidak, maka sang pemain boneka tangan bisa menggerakkan kepala boneka ke kiri dan ke kanan ( menggeleng ).
Pemain boneka tangan biasanya menyuarakan boneka melalui suara perutnya, atau ada pula yang diisi oleh suara aslinya.
Mengajarkan Bahasa Inggris pada anak-anak (Young Learners) membutuhkan strategi terencana agar mereka termotivasi untuk belajar. Ciptakanlah hal-hal yang membuat mereka tertarik secara visual terlebih dahulu untuk selanjutnya menggiring mereka kepada materi yang akan diajarkan. Scott and Ytreberg (1990) menjelaskan, “Their own understanding comes through hands and eyes and ears. The physical world is dominant at all times.”
Cara Menerapkan Hand Puppet
Salah satu cara agar perhatian mereka terpusat pada pembelajaran adalah penggunaan alat atau media pembelajaran yang efektif . Penggunaan hand puppet (boneka tangan) menjadi salah satu cara jitu yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD terutama di kelas rendah 1 -2. Hand puppet ini bisa guru gunakan dalam mengajarkan introduction; telling names, ages, hobbies pun ketika anak-anak belajar  greetings .
Berikut contoh penggunaan boneka tangan  ketika belajar introduction:
1.    Gunakan hand puppet sebagai model dalam memperkenalkan diri. contoh: Hello my name is …  I am six years old. My hobby is swimming dst.  Guru dapat merubah- rubah suara sesuai tokoh agar lebih menarik lagi.
2.    Hand puppet juga dapat digunakan saat guru berdialog dengan siswa baik secara klasikal maupun individual. Dari pengalaman saya, anak-anak sangat senang sekali jika diajak berdialog dengan hand puppet ini. Dijamin mereka akan mengacungkan tangan tinggi-tinggi agar diberi kesempatan untuk dekat dengan si boneka tangan.
3.    Dan akhirnya berilah kesempatan kepada mereka untuk memainkan boneka tangan sambil berdialog dengan temannya di muka kelas.

2.3     PICTURE
Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar-gambar yang mereka hasilkan menunjukkan tingkat kreativitas masing-masing anak.
Orang tua yang peduli dengan perkembangan kreativitas putra-putrinya biasanya akan mengikutkan mereka Kursus Gambar, kursus melukis sejak dini. Semakin muda usia anak, semakin mudah diarahkan.
Menurut pelukis senior sekaligus pengajar lukis Asri Nugroho, usia yang paling baik bagi anak untuk belajar melukis atau ikut kursus gambar adalah empat tahun. Pada masa tersebut, anak-anak paling suka bermain-main. Karena itu, gambar-gambar kartun yang mereka hasilkan bisa beragam, bergantung kesukaan masing-masing anak. “Ketika anak usia empat tahun belajar melukis atau kursus gambar, mereka harus dibiarkan dan terus dipuji. Tindakan tersebut bisa memancing kreativitas dia,” ujarnya.
Memasuki usia sekolah dasar, gambar yang dihasilkan mulai berbentuk. Pada usia 11 sampai 12 tahun, fantasi anak yang dituangkan dalam gambar lebih terlihat. “Bisa dibilang, pada usia ini, gambar kartun mereka itu sedang bagus-bagusnya,” kata pelukis yang tinggal di Perumahan Gunung Sari Indah tersebut.
Menurut Asri, saat ini ada banyak alternatif peralatan melukis. Namun, yang paling tepat bagi anak-anak usia TK hingga SD adalah krayon atau pensil warna. ”Karena mereka belum tahu materi dan sifat dari peralatan menggambar tersebut,”
Aktivitas mewarnai sudah menjadi bagian dari kehidupan si kecil, bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu kosong anak, tapi juga sebagai aktualisasi diri anak dalam bidang seni.
Mewarnai Merupakan Media Berekspresi Seperti halnya orang dewasa, aktifitas mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya apakah itu perasaan gembira atau malah perasaan sedih. Sebagai contoh, bila si kecil menggambar bentuk-bentuk suram seperti tengkorak dan sebagainya, hal tersebut dapat dijadikan pertanda bahwa si kecil sedang ada masalah dan butuh bantuan anda. Sebaliknya gambar-gambar ceria seperti matahari, dan sebagainya menandakan si Kecil sedang bahagia dan merasa senang.








BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan

Education Flashcards, sebuah terobosan dalam bidang pendidikan anak yang menggunakan sejumlah kartu sebagai alat bantu belajar.  Satu menulis pertanyaan pada kartu dan halaman sebaliknya jawaban.
Manfaat dari metode Education Flashcards antara lain adalah :
* Bayi anda akan dapat membaca pada usia sedini mungkin lewat Education Card,
* Mengembangkan daya ingat otak kanan melalui Kartu Belajar,
* Melatih kemampuan konsentrasi dari bayi melalui Kartu Anak,
* Memperbanyak perbendaharaan kata dari bayi melalui Baby Flashcards.
Boneka tangan ( Hand Puppet ) adalah boneka yang biasanya terbuat dari kain/sarung dan di bagian bawahnya ada lubang untuk memasukkan tangan kita. Opera boneka tangan dimainkan oleh pemain boneka tangan dengan cara memasukkan tangannya kedalam boneka tersebut.
Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka


B.    SARAN
saran dari kami adalah semoga makalah yang kami buat ini bisa sedikit bermanfaat buat teman teman pembaca. dan apabila ada kesalahan dalam pembuatan makalah ini mohon kritik dan saran dari pembaca.
dan masih banyak media media yang bermanfaat bagi pembelajaran bahasa inggris dan sumber buku yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar