Minggu, 12 Agustus 2012

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN

1.    Langkah-langlah penelitian
a.    Mengidentifikasi masalah
b.    Study pendahuluan
c.    Merumuskan masalah
d.    Merumuskan anggapan dasar dan hipotesis
e.    Memilih pendekatan
f.    Menentukan variabel dan sumber data
g.    Menentukan dan menyusun instrumen
h.    Mengumpulkan data
i.    Menganalisis data
j.    Menarik kesimpulan dan rekomendasi
k.    Menyusun laporan.

2.    Penjelasan langkah-langkah penelitian
a.    Mengidentifikasi masalah
Sebuah masalah harus bisa dirasakan, dilihat, sebagai suatu hambatan yang harus di selesaikan, karna sebuah penelitian beranjak dari sebuah masalah yang di temukan.
b.    Kemudian studi pendahuluan
Setelah mengetahuan masalah, maka langkah selanjutnya adalah studi pendahuluan. Studi pendahuluan disini maksudnya. Mengetahui apa yang sudah dihasilkan orang lain bagi penelitian yang serupa dan bagian mana dari permasalahan yang belum tercapai.
c.    Merumuskan masalah
Setelah masalah teridentifikasi, maka lalu perlu di rumuskan. Perumusan ini penting, karena berdasarkan rumusan tersebutakan di tentukan metode pengumpulan data, pengolahan data, maupun analisis dan penyimpulan hasil penelitian.
d.    Merumuskan anggapan dasar dan hipotesis
Dapat di artikan sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara dari semua rumusan masalah, terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul.
e.    Memilih pendekatan
setelah kita merumuskan anggapan dasar atau hipotesis lalu kita pilih pendekatan atau metode untuk bisa di pakai dalam masalah yang terjadi yang kita temukan atau rasakan. Contohnya permasalahan meningkatkan daya kreatifitas siswa, nanti kita pilih pendekatan yang cocok buat permasalahan ini.
f.    Menentukan variabel dan sumber data
Perlu didefinisikan secara operasional. Penyusunan definisi operasional perlu, karena definisi operasinal itu akan menunjuk alat pengambil data mana yang cocok untuk digunakan.  Variabel dapat di bedakan atas kuantitatif dan kalitatif.

g.    Menentukan dan menyusun instrumen
Yaitu untuk mendapatkan data yang terpercaya diperlukan instrumen dan alat pengumpul datadan tehnik pengumpulan data yang memadai.
h.    Mengumpulkan data
Yaitu mengumpulkan data yang sudah ada dalam permasalahan,  setelah data terkumpul dari hasil pengumpulan data, perlu segera dilakukan pengolahan data. Di seleksi atas dasar reliablitas dan validitas.
i.    Menganalisis data
Setelah terkumpul data yang di peroleh, maka data hasil olahan tersebut harus di analisis, untuk data kuantitatif (data dalam bentuk bilangan) di analisis secara statistik, untuk data yang bersifat kualitatif dilakukan secara non statistik.
j.    Menarik kesimpulan dan rekomendasi
Dari  data yang ada atau yang di dapat setelah melakukan penelitian, kita cari solusi dari permasalahan tersebut lalu di simpulkan apakah solusi yang kita berikan efektif/ cocok .bila cocok ataupun tidak cocok, kita beri rekomendasi yang bertujuan mengektifkan solusi.
k.    Menyusun laporan
Kemudian data yang sudah terkumpul, yang  sudah di analisis dan sudah ada kesimpulannya maka di susunlah suatu laporan tentang penelitian. Secara tersusun.

3.    Masalah yang penting untuk di teliti

 a. Sebuah masalah
“ Daya kreatifitas terhadap pembelajaran matematika”

b. solusinya
“ dengan menggunakan metode pemecahan masalah, pembelajaran matematika, aktifitas, kreatifitas.  metode pemecahan masalah sangat tepat untuk diterapkan sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Karena metode pemecahan masalah sendiri diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Dengan menggunakan metode pemecahan masalah siswa dituntut keaktifannya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta dituntut kreativitasnya dalam menyelesaikan soal- soal yang memang menuntut mereka untuk berfikir kreatif ”
c. judul penelitian
“ meningkatkan daya kreatifitas siswa terhadap pembelajaran matematika”

4.    Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah:

Apakah dengan menggunakan metode pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa?


5.    A. Variabel
Merupakan karakteristik atau keadaan atau kondisi suatu obyek yang mepunyai variasi nilai. Fungsi variabel dibedakan atas tiga fungsi : variabel sebab, variabel penghubung, dan variabel akibat.

b. populasi
yaitu jumlah keseluruhan dari satuan-satuan atas individu yang karakteristiknya hendak di duga. Satuan-satuan ini disebut unit analisa. Unit analisa merupakan orang, tanah pertanian dll.

c. sampel
sebagian dari populasi yang berkarakteristik mewakili karakteristik populasinya. Satuan satuan yang akan di teliti di dalam sampel dari dinamika unit sampel. Keseluruhan unit sampel membentuk kerangka sampel. Kerangka samel mungkin merupakan daftar dari kumpulan orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar